Kita tahu bahwa secangkir kopi sangat nikmat rasanya. Walau tidak bisa dipungkiri bahwa ada yang memang tidak suka kopi. Itu hanya masalah selera. Tapi, apakah secangkir kopi sudah lengkap begitu adanya? Bukankah harus ada sesuatu yang lain? Sepotong cookies, mungkin. Ada juga pilihan lainnya seperti gorengan atau rokok atau sebuah perbincangan hangat yang terjalin antar pembuat kopi dengan penikmat kopi.

Saya beberapa kali membahas tentang makna atau arti pentingnya bersosialisasi hanya karena merasa lingkungan Saya menjadi asing. Pun itu terjadi terhadap saya seorang diri. Saat menunggu dosen di kelas, menuju parkiran di kampus, atau sekadar kongkow-kongkow bersama teman-teman seperkuliahan saja membuat saya sendiri merasa asing. Betapa tidak, menunggu dosen main handphone, menuju parkiran di kampus main handphone, bahkan kongkow-kongkow beralih fungsi menjadi mengheningkan cipta berjamaah. Walaupun dalam handphone saya tidak ada aplikasi permainan seperti yang dimiliki teman-teman saya yang lain. Toh, paling tidak Saya terlihat sibuk membuka dan menutup menu di handphone, atau sekadar keluar-masuk akun media sosial. Sudah itu saja.

Saya juga merasa bahwa hanya bisa berkata tidak jelas seperti ini seolah yang paling benar, tapi bukankah itulah esensinya?

Bukan perihal Saya yang merasa paling benar, tapi perihal Saya masih bisa berkata dan menuliskan kata-kata Saya agar banyak yang mengerti. Paham akan lingkungan sekitar dan mulai berinteraksi. Bermain game tidak pernah salah, tapi apa salahnya mematikan sejenak aplikasi tersebut dan mulai membangun canda-tawa dengan sekitar? Perihal kapan bermain gamenya, bisa dilanjutkan ketika bahan obrolan sudah habis. Simple, bukan?

Jangan menjadi asing terhadap diri sendiri, cukup bahasa asing saja yang buat kita pusing. Mungkin kopi adalah jembatan atau teh atau apa saja bisa jadi jembatan dalam bergaul. Tak perlu pergi ke tempat yang so cool, toh kita hanya perlu sosialisasi yang buat semua gaul.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *