Beberapa hari lalu saat minum kopi di kedai yang ada di kota saya, tiba-tiba saya terbayang sesuatu tentang menulis. Adalah satu pertanyaan yang seharusnya saya sendiri pikirkan jauh-jauh hari.

Kenapa menulis di blog?

Apakah bisa menghasilkan profit dari blog?

Sebenarnya, saya tidak terlalu memikirkan tentang profit dan segala macamnya. Saya hanya ingin menulis sesuatu yang saya suka. Menulis sesuatu yang memang ada di pikiran saya. Tidak peduli apakah ramai atau sepi blog yang saya miliki asal saya bisa tetap menulis maka saya bahagia.

Untuk perihal adsense, saya juga tidak begitu paham bagaimana mengonfigurasikannya. Saya asal saja, toh namanya manusia selalu ingin lebih dari apa yang ia punya. Tapi saya tidak terlalu memikirkan perihal adsense. Karena memang sedikit hasilnya, saya juga sebagai mahasiswa yang masih memiliki waktu luang untuk bekerja sampingan untuk mendapatkan uang jajan. Blog hanya sebagai wadah untuk tulisan-tulisan saya.

Lalu domain .com saya adalah sebagai tanda bahwa saya memang niat untuk menulis apa saja yang ada dalam pikiran saya. Dan membuat saya terpacu untuk terus menulis, mubazir saja bila membeli domain tapi tidak terpakai.

Tapi pertanyaan itu tetap ada dalam pikiran saya. Saya sendiri saja yang masa bodo dengan pertanyaan itu. Selama saya masih bisa bebas menulis, itu saja sudah cukup. Menghasilkan profit atau tidak adalah masalah sampingan yang tidak perlu terlalu dipikirkan. Menulis di blog juga membuat kemampuan menulis saya semakin terasah, betapa tidak, saya berkunjung ke beberapa blog untuk membaca tulisan yang sangat baik. Membuat saya merasa iri dan segera mempraktekan keruntutan dalam tiap kata di setiap kalimat yang saya baca dalam blog saya.

Saya menulis karena senang, bukan karena uang. Jika menulis karena uang, maka saya sudah menjadi seorang Ghost Writer. Karena memang menulis adalah sebuah kepuasan batin, walaupun terkadang saya sendiri dengan tulisan saya. Setidaknya, saya bisa berbenah dari kesalahan tulisan saya di kemudian hari.

Salam.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *