Sebenarnya masih banyak kegiatan yang lebih bisa dilakukan oleh kebanyakan orang. Tetapi, semua itu tidak ada yang lebih hebat daripada kegiatan menulis. Karena semua pekerjaan didasarkan oleh menulis. Menjadi seorang akuntan misalnya, dimulai dari menulis laporan keuangan. Menjadi seorang manager juga didasari oleh menulis segala kegiatan atau keperluan yang akan mendatang.
Semua membutuhkan dasar yaitu menulis. Tetapi menulis saja masih memiliki kekurangan jika tidak dibarengi oleh beberapa kegiatan yang lain. Karena menulis tidak bisa berdiri sendiri. Seorang penulis buku terkenal sekalipun tidak akan bisa menulis dengan begitu indahnya apabila tidak membaca.
Tapi membaca juga masih memiliki kekurangan. Ia juga harus dibarengi dengan observasi. Observasi yang dilakukan juga harus sesuai dengan bahan yang akan dituliskan. Dan hasilnya akan menjadi lebih baik ketika melakukan observasi yang runtut.
Tetapi yang menjadi pertanyaan dan juga topik kali ini adalah kenapa kita perlu menulis? Bahkan untuk sekadar hal remeh-temeh sekalipun.
Menulis adalah kegiatan yang menurut sebagian orang awam adalah kegiatan yang membosankan. Sama seperti membaca buku, dikarenakan hanya melihat tulisan melulu. Tapi esensi menulis bisa lebih dari itu.
Berikut akan saya jabarkan kenapa menulis menjadi sangat penting bahkan untuk hal remeh-temeh sekalipun.

1. Mengenal Diri

Menulis secara berkala seperti menulis jurnal bagi sebagian laki-laki atau bahkan menulis diari untuk sebagian perempuan. Sebutan jurnal dan diari sebenarnya hampir sama saja. Karena intinya kita menulis hal-hal yang sudah kita lakukan dan kita alami setiap harinya. Tetapi dengan menulis hal seperti itu bisa membuat kita lebih mengenal diri kita sendiri. Kita bisa menuliskan masa lalu kita dan mencoba untuk lebih berkembang dari masa lalu untuk masa depan. Membaca kembali tulisan-tulisan kita bisa membuat kita lebih mengenal diri kita sendiri. Karena kebanyakan orang zaman sekarang sulit mengenal diri sendiri karena hanya menunjukkan apa yang diinginkan oleh orang lain.

2. Lebih Dikenal

Berbeda dengan point pertama tadi. Point kedua lebih membuat orang mengenal siapa pribadi kita dengan tulisan-tulisan kita. Misal saja, ketika kita menulis di blog. Orang lain akan lebih mengenal kita dari tulisan-tulisan kita karena tulisan yang kita muat di blog adalah tulisan orisinil hasil karya kita sendiri.

3. Lebih Terencana

Kita cenderung akan lebih rapi dalam melakukan pekerjaan atau melakukan kegiatan lain di luar menulis. Karena kita sudah di ajarkan untuk terus menulis dengan runtut dan juga memiliki penataan kata yang baik. Sehingga hal itu terbawa ke kehidupan sehari-hari. Tidak perlu kita untuk mengatur waktu secara terperinci jika kita tidak memiliki kemauan untuk melakukannya sesuai dengan waktu yang kita buat sendiri.

4. Lebih Berwawasan Luas

Kenapa? Seperti yang saya tuliskan diatas. Menulis tidak bisa berdiri sendiri karena harus dibarengi dengan berbagai hal yaitu membaca dan observasi. Membaca membuat kita mengetahui sesuatu yang bahkan kita belum tahu. Observasi membuat kita merasakan suatu pengalaman yang mungkin kita belum pernah rasakan sebelumnya dan juga mungkin orang lain juga belum merasakan.
Menulis merupakan kegiatan yang mungkin membosankan. Tetapi dalam menulis ada banyak manfaat. Kita bisa saja mendapatkan uang dari kegiatan menulis seperti menjadi bloger atau sebagai copywriter dan masih banyak lagi pekerjaan yang berkaitan dengan kegiatan menulis. Lalu apakah kalian masih ragu untuk menulis? Tidak ada yang memaksa untuk menulis memang karena setiap orang memiliki caranya sendiri untuk mengenal diri sendiri dan menambah wawasannya dengan cara apapun.

Untuk yang ingin menjadi bloger, saya punya solusi. Kita bisa saja langsung membeli domain di penyedia domain terpercaya seperti Niagahoster. Niagahoster menyediakan banyak sekali pilihan domain dan juga paket hosting yang sesuai dengan kantung kita. Menurut saya dengan membeli domain secara berbayar kita juga akan dipaksa untuk terus konsisten dengan kegiatan kita. Karena akan merasa mubazir jika tidak kita teruskan sebuah blog yang kita bangun dengan domain berbayar.

Dengan melakukan kegiatan yang sesuai hobi dan passion kita merupakan sebuah kegiatan yang sangat bermanfaat. Kita juga bisa mendapatkan uang dengan mengkonversi setiap hobi kita ke sebuah pekerjaan yang menghasilkan. Tergantung dengan apa yang akan kita lakukan dan perencanaan yang akan kita buat untuk kedepannya. Perlu digaris bawahi juga bahwa kita tidak boleh terpaku dengan uang. Karena jika kita terpaku dengan uang, maka kita tidak memiliki rasa leluasa untuk melakukan semuanya. Kita akan menjadi seperti robot yang mengerjakan semua hal dengan terpaksa.
Hosting Unlimited Indonesia

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *