Dewasa ini, banyak sekali remaja yang berlomba menemukan passionnya. Karena pada zaman sekarang passion adalah senjata utama untuk meraih sukses. Kita bisa melihat contoh dari beberapa publik figur yang sudah malang melintang di layar kaca. Sebut saja Raditya Dika, ia menjadi penulis best seller di Indonesia. Buku-bukunya juga selalu dinanti oleh para kawula muda.

Tapi apa kita pernah berpikir bagaimana caranya mengembangkan passionnya itu?

Jawabannya sangatlah mudah. Kita tidak perlu mengeluarkan uang yang sangat besar atau mengikuti kursus. Kita bisa mengembangkan passion di mulai dari kamar kita sendiri. Dan dimulai dari hal yang paling sederhana. Kita tidak perlu bersusah payah melakukan perjalanan menuju tempat kursus, kita juga tidak perlu menghemat uang bulanan hanya untuk mengembangkan passion.

Maka dari itu, saya akan sedikit berbagi. Bukan bermaksud untuk menggurui, tetapi mengajak untuk belajar bersama. Guna mengembangkan passion kita masing-masing.

1. Membaca
Mengembangkan passion tidak selalu harus dimulai dengan kegiataan yang besar dan fantastis. Membaca adalah salah satu kegiatan sederhana untuk meningkatkan passion kita. Seberapa paham kita dalam melakukan passion kita akan dilihat dari seberapa banyak bacaannya.

Masih kurang paham?

Baiklah. Sederhananya begini, ketika kita membutuhkan informasi yang berkaitan dengan passion, kita akan membaca referensi artikel di internet. Tidak juga menutup kemungkinan bahwa kita bisa mendapat informasi tersebut melalui Youtube. Akan tetapi, apakah kalian pernah mencari informasi di Youtube tapi tidak begitu lengkap? Saya yakin, kalian pasti pernah mengalami itu.

Membaca adalah jembatan ilmu. Kalimat tersebut memang benar adanya, membaca tidak harus melulu membuka buku. Banyak sekali platform yang menyediakan informasi berupa e-book, atau sekadar artikel dan memang mengandung informasi penting.

2. Menulis
Setelah membaca berbagai informasi penting tentang passion, maka ada baiknya kita menulis. Menulis poin-poin penting yang kita dapatkan dari informasi tersebut. Menulis merupakan sebuah kegiatan sederhana untuk mengembangkan passion kita.

Menulis goals dan menentukan jadwal agar goals tersebut tercapai adalah cara sederhana dalam mengembangkan sebuah passion. Langkah tersebut juga akan membuat kita menjadi sangat terorganisir dengan baik. Kita akan bisa membedakan mana prioritas utama dengan yang tidak.

3. Memulai
Problematika hampir seluruh remaja zaman sekarang adalah ketakutan. Takut tulisannya tidak diterima, takut videonya dikomen negatif, takut hasil fotonya dicemooh. Rasa takut adalah sebuah dinding penghalang yang harus dihancurkan. Kita tidak bisa menilai diri kita sangat berkompeten dalam sebuah bidang jika kita tidak menunjukkannya. Kita tidak akan tahu seberapa hebat kita dalam menjalankan sebuah passion jika hanya berdiam saja.

Mulai saja. Jika suka menulis, publish tulisanmu melalui blog dan itu gratis. Jika suka membuat video, upload kreasi videomu di Youtube. Jika suka dengan fotografi, jual fotomu di beberapa website seperti Shutterstock.

Tidak ada yang bisa menilai kamu hebat jika kamu hanya berdiam saja. Tunjukkan passionmu di suatu bidang tertentu. Bila ada yang berkomentar negatif, maka ambil saja positifnya. Asah terus keahlianmu. Kunci kesuksesan adalah konsistensi. Karena sukses tidak dilihat dari materi, tapi dilihat dari seberapa konsisten dan seberapa kamu enjoy dengan passionmu.

Seperti bunga, kamu akan tumbuh dengan indah jika berhasil melalui banyak rintangan. Hama dan terpaan angin adalah rintanganmu. Jika kamu berhasil melaluinya maka kamu akan mekar dan harum pada waktunya.

Mari belajar bersama, mengembangkan passion kita. Belajar hal baru dan juga menambah networking adalah bonus dari kegigihan kita dalam mencapai sesuatu.

Salam!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *